WEBLOG AHMAD SARBAINI

MENGENAL SEKILAS BUDAYA/TRADISI MASYARAKAT ARAB

Bagi kebanyakana orang Indonesia,‘Arab‘selalu dihubungkan dengan kekayaan, kekerasan, kasar, dan pemarah. Bagi orang Arab, ‘Indonesia‘selalu dikaitkan dengan kelebihan penduduk, kemiskinan, dan TKW/TKI. Pada kedua belah pihak ada prasangka, ketidaktahuan, dan salah informasi.Dan lalu, sebagaimana dunia makin menjadi sempit karena kemajuan komunikasi,ditambah lagi adanya usaha saling memperhatikan yang lebih besar, kontak antara Indonesia dan Arab menjadi semakin berkembang di segala lini kehidupan.

Atas dasar kenyataan di atas,maka bagi setiap orang yang ingin berinteraksi dengan komunitas bangsa lain dalam percaturan global,termasuk dalam rangka tujuan bekerja, belajar atau melaksanakan ibadah hajike tanah suci Makkah, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut, antara lain:

1. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa mayor di dunia yang dituturkan oleh lebih dari 200 juta jiwa dan  digunakan secara resmi di lebih dari 22 negara. Secara umum bahasa Arab memiliki dua varietas, pertama bahasa Arab Fusha (bahasa Arab standar/baku) dan kedua bahasa Arab ‘Amiyyah (bahasa…

Lihat pos aslinya 5.746 kata lagi