1. Guru membentuk 3 kelompok terdiri dari 5-6 siswa dengan kemampuan yang heterogen.
2. Guru memanggil satu sebagai perwakilan kelompok (tim ahli).
3. Guru menerangkan materi hidrokarbon secara keseluruhan kepada perwakilan kelompok.
Sub bab materi hidrokarbon: alkana, alkena, alkuna.
4. Guru membagi sub bab kepada masing-masing perwakilan kelompok.
5. Masing-masing tim ahli kembali ke kelompok asalnya.
6. Tim ahli berdiskusi dan menjelaskan materi yang menjadi keahliannya kepada anggota kelompoknya.
7. Setiap kelompok menyampaikan materi yang m,enjadi keahliannya ke seluruh siswa, dimana guru menjadi fasilitator.
8. Setelah semua kelompok menyampaikan materinya, guru memberikan pertanyaan secara individual.
9. Nilai yang diperoleh masing-masing siswa adalah nilai kelompok.
10. Pemberian penghargaan kepada kelompok terbaik.